• Jelajahi

    Copyright © Jurnalist Online
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Mahasiswa STIKIP PGRI Bangkalan bersihkan makam Kramat Ki Demung Plakaran Arusbaya

    Jurnalist
    12 Februari 2023, Februari 12, 2023 WIB Last Updated 2023-02-12T04:33:41Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Foto: Mahasiswa STIKIP PGRI Bangkalan bersama camat Atusbaya dan tokoh masyarakat Bangkalan Madura,



    Jurnalistonline.com, Bangkalan- Mahasiswa dari STIKIP PGRI Bangkalan melaksanakan kegiatan bersih-bersih makam kramat Ki Demung Plakaran yang berlokasi di Desa Plakaran. Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Madura, Jum'at (10/02).


    Kegiatan yang dilakukan oleh sejumlah mahasiswa STIKIP PGRI Bangkalan ini merupakan bentuk dari kuliah kinerja nyata (KKN) untuk melestarikan budaya dengan membersihkan makam kramat Ki Demung Plakaran.


    Makam kramat Ki Demung yang sebelumnya tidak dikenal atau diketahui oleh masyarakat luar, maka mahasiswa dari STIKIP PGRI Bangkalan ini berupaya untuk melestarikan Silsilah Keturunan Ki Demung Plakaran beserta hubungannya dengan kerajaan-kerajaan lain di Nusantara dan juga biografi singkat semasa hidupnya di makam tersebut. 


    Silsilah dan biografi Ki Demung plakaran di peroleh atas izin dan keterangan RP. A. Hamid Mustari Cakraadiningrat dan RM. Agus Suryo Adikusumo S. Pd selaku Tokoh sejarawan Bangkalan yang juga memiliki trah keturunan P. Cakraningrat IV. 


    Menurut Agung Firmansyah,S.T,M.M, camat Arusbaya, mengatakan Hal ini dilakukan guna menambah kekayaan wisata religi di Kabupaten Bangkalan. Khususnya di Kecamatan Arosbaya, yang akan berdampak terhadap kemajuan ekonomi masyarakat di sekitar makam Ki Demung Plakaran. 




    “Saya akan selalu mendukung program KKN yang dilakukan Mahasiswa. STIKIP PGRI Bangkalan. asalkan selalu mengarah ke hal yang positif” kata Agung Firmansyah kepada media ini. Minggu,(12/02)


    Selain camat Arusbaya yang mensupport kinerja mahasiswa STIKIP PGRI Bangkalan, Mbah Hamid sebagai tokoh masyarakat dan juga sejarahwan di kabupaten Bangkalan ini turut mendukung dalam kegitan tersebut.


    "Kami mendukung kegiatan pengenalan makam Ki Demung ke ranah publik, semoga dengan adanya mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan ini dapat membangkitkan semangat pemuda lainnya untuk mempelajari sejarah Kerajaan Madura Barat," Ujarnya Tpanjih Emmik alis Mbah Hamid,


    Sementara, Alfia koordinator bidang humas ini mengatakan, saya berharap dengan adanya program ini masarakat luas bisa memperluas wawasan terkait sejarah yang ada di Kabupaten Bangkalan. Madura, tentunya makam Kramat Ki Demung, yang ada di Desa Plakaran. Kecamatan Arosbaya,


    "Dengan adanya program ini kita kedepanya bisa dapat memperluas wawasan masyarakat soal sejarah dan meningkatkan ekonomi masyarakat," Tambahnya.


    Alfian memaparkan semoga teman-teman Mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. kedepanya bisa lebih semangat dan terus melestarikan budaya makam kramat Ki Demung Plakaran.


    "langkah kami selanjutnya adalah mengadakan ziarah bersama sekaligus resepsi penyematan silsilah dan biografi Ki Demung Plakaran dengan seluruh jajaran Muspika kecamatan Arosbaya". Tutupnya.


    Reporter: Pen

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini